Kamis, 19 Maret 2009

35 amalan pelebur dosa (bagian 2)

Bertaqwa Kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala
Allah 'Azza wa Jalla berfirman: "Itulah perintah Allah yang diturunkanNya kepada kamu, dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya." (ath-Thalaq :5)

Imam At-Thabari rahimahullah berkata bahwa maksud Allah berfirma : "Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya" adalah barang siapa yang takut dan bertaqwa kepadaNya dengan meninggalkan kemaksiatan, menjalankan kewajiban niscaya Allah akan menghapus dosa dan kesalahannya. Sedangkan maksud firman Allah: "Dan Allah akan melipatgandakan pahala baginya" yaitu Dia akan melipatgandakan pahala atas amal dan taqwanya. Konsekwensinya adalah Allah memasukkannya ke surga abadi di dalamnya. (Al- Anfal :29)

Berkata Muhammad bin Ishaq rahimahullah "Furqan"adalah pembeda antara kebenaran dan kebatilan.

Imam Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya tentang ayat ini: "Sesungguhnya orang yang bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan menjauhi laranganNya, telah diberi taufiq untuk mengetahui mana yang haq dan yang bathil, yang mana itu semua sebagai sebab memperoleh kemenangan, keselamatan, jalan keluar dari permasalahan hidup di dunia dan kebahagiaan di akhirat serta terhapusnya dosa. Taqwa adalah penghapusnya dan penutup aibnya dari manusia serta ia adalah jalan memperoleh pahala yang besar."

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
"Dan bergegaslah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa; (yaitu) orang-orang yang menafkahkan )hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memafkan )kesalahan) orang. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan". (Ali Imran:133-134)

Imama Al-Qurthub rahimahullah berkata:" Maksud firman Allah: "bergegaslah dan berlomba-lomba kepada ampunan Tuhanmu yaitu:
*kepada apa yang menghapus dosa-dosamu karena rahmatNya dan kepada apa yang menutupi dosa-dosamu berupa ampunanNya dari siksa atau dosa.
*juga bersegeralah untuk mendapatkan Surga yang luasnya seluas langit dan bumi, diriwayatkan bahwa maksudnya adalah: Surga seluas tujuh langit dan tujuh bumi apabila semuanya dikumpulkan.
*bahwa Surga yang seluas tujuh langit dan tujuh bumi disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa yaitu mereka yang takut keapda Allah dengan taat kepadaNya dalam segala perintah dan larangan, juga mereka tidak melanggar hukumNya dan tidak meninggalkan kewajiban, maka dengan itu semua mereka berhak untuk diampuni dosa-dosanya dan dimasukkan ke dalam Surga."

Jadi, dengan ketaqwaanlah bisa didaptkan pengampunan dosa dan kenikmatan Surga.

Allah 'Azza wa Jalla berfirman:
" Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar. Niscaya Allah akan memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa mentaati Allah dan RasulNya maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar" (Al-Ahzab: 70-71).


Ibnu Abbas rahimahullah berkata dalam tafsirnya bahwa qaul sadid adalah:" perkataan yang benar". Ibnu Abbas Radhiallahu 'anhu dan Ikrimah Radhiallahu 'anhu berkata: Al-Qaul As-Sadid adalah ucapan "La ilaha illallah". Dan maknanya adalah: Ucapan yanh lahir (luar)-nya sesuai dengan batih (dalam)-nya, atau bermakna segala ucapan untuk mendapatkan ridha Allah, dan maknanya yang lain adalah ucapan yang dapat mendamaikan percekcokan."

Kalimat ini diambil dari kata As-Sadid yaitu anak panah yang tepat mengenai sasaran. Jadi, Al-Qaul As-Sadid itu mencakup semua jenis kebaikan yang telah disebutkan di atas dan lainnya. Dengan keterangan di atas disimpulkan bahwa taqwa dan qaul sadid adalah termasuk sebab terhapusnya dosa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar